Buka Senin-Sabtu Jam 07.30 s/d jam 18.30 , Minggu libur ( Off Line )
Beranda » Artikel Terbaru » POTONG PARUH

POTONG PARUH

Diposting pada 27 November 2015 oleh admin
Alat Potong Paruh Cina Otomatis

Alat Potong Paruh Otomatis Murah

Potong paruh merupakan program yang harus dilakukan pada ayam ras petelur. Tujuan utama potong paruh adalah menghindari sifat ayam untuk mematuk sesama(kanibal), serta akan berpengaruh positif dalam pengambilan pakan(pakan yang terbuang sedikit). Potong paruh dilakukan menggunakan alat potong paruh(debeaker atau beak trimming). Lubang tersebut berguna untuk memasukkan paruh, lubang yang dipilih disesuaikan dengan ukuran anak ayam.
Tata cara memotong paruh sebagai berikut:
1. Siapkan debeaker yang sudah dipastikan pisau tajam dan telah didesinfeksi.
2. Debaker dinyalakan dengan cara dihubungkan ke aliran listrik.
3. Periksa keadaan pisau debeaker, jika menyala merah berarti pisau sudah panas, pisau yang panas bertujuan agar saat paruh dipotong langsung terbakar dan tidak terjadi perdarahan dan infeksi.
4. Sebelum melakukan potong paruh, debeaker harus dicoba terlebih dahulu, selain untuk memilih lubang yang cocok juga untuk mengetahui ketajaman pisau. Untuk mencoba gunakan DOC apkir.
5. Masukkan paruh bagian atas dan bawah ke dalam lubang debeaker.
6. Tekan pisau secara bersamaan untuk kedua paruh tersebut, paruh bagian bawah lebih panjang dibandingkan dengan paruh bagian atas.
7. Jika terjadi pendarahan, lakukan pembakaran dengan cara menekan paruh ke pisau debeaker yang panas.
8. Untuk menghasilkan potong paruh yang baik, harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan terlatih.
Setiap ayam yang telah dipotong paruh harus diawasi, karena perdarahan pada paruh pasca potong paruh sering terjadi. Hasil pemotongan paruh harus berukuran seragam, karena keseragaman ini berpengaruh terhadap keseragaman ayam, meminimalkan sifat saling mematuk , efisiensi pemberian pakan, daya hidup tinggi, dan ayam yang diapkir karena kanibal sedikit. Menghindari perdarahan saat potong paruh bisa dilakukan dengan memberi vitamin K kepada ayam yang bersangkutan pada 3 hari sebelum dan sesudah pemotongan.
(Sumber : Memaksimalkan Produksi Ras Ayam Petelur, hal 64-67 oleh Ir. Roni Fadillah, SE dan Ir. Fatkhuroji)

Bagikan informasi tentang POTONG PARUH kepada teman atau kerabat Anda.

POTONG PARUH | ALAT Ternak, Alat Ternak UNGGAS, Alat Peternakan Unggas, GROSIR Alat Ternak Unggas, Peralatan Ternak, Peralatan Ternak Unggas, Peralatan Ternak Puyuh, Peralatan Ternak Bebek, PERALATAN KANDANG, JUAL Peralatan Kandang, Peralatan Kandang Broiler, Peralatan Kandang Close House, POULTRY Equipment, Poultry Equipment Indonesia, Kandang Ternak Unggas, Kandang Ayam Broiler, Alat Kandang Close House, Alat Kandang Unggas BROILER, Alat Ternak Unggas Malang Raya, Alat Ternak Unggas Jakarta, Alat Ternak Unggas Bandung, Alat Ternak Unggas Banten, Alat Ternak Unggas Surabaya, Alat Ternakan Unggas Bali, Alat Peternakan Unggas Semarang, Alat Ternak Unggas Jogyakarta, Alat Ternak Unggas Kalimantan, Peralatan Kandang di Malang, Perlengkapan Kandang, Perlengkapan Kandang Malang

Komentar dinonaktifkan: POTONG PARUH

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan